Sabtu, 12 April 2014

Contoh Proposal



A.   Latar Belakang
Komunikasi Penyiaran Islam sebagai jurusan yang bergelut dimedia penyiaran yang islami dituntut untuk memberikan pemahaman lebih kepada Mahasiswa mengenai media-media komunikasi, baik komunikasi Antar individu maupun Komunikasi Massa. Karena komunikasi tidak akan bisa berlangsung tanpa menggunakan media.
Media Komunikasi merupakan mata kuliah yang mengajarkan media-media yang digunakan dalam penyampaian pesan dalam berkomunikasi. Dimana dalam pembelajarannya Mahasiswa diajarkan berbagai teori tentang media komunikasi terutama komunikasi Massa. Namun dalam penjelasannya, media yang ditampilkan langsung hasil dari media itu sendiri tanpa mengetahui bagaimana enkoding dari sebuah pesan sehingga bisa dinikmati oleh penerima pesan.
Laboratorium siar yang dimiliki Prodi DAKWAH dan KOMUNIKASI (DAKOM) merupakan salah satu contoh pengolah pesan dalam bentuk media Elektronik yang dikenal dengan sebutan Radio. Meskipun demikian, mahasiswa tidak dapat mengamati secara langsung proses pengolahan pesan itu sendiri dikarenakan beberapa kendala diantaranya beberapa komponen dari radio itu sendiri yang tidak berfungsi. Selain itu, pembagian radio berdasarkan frekuensinya yaitu AM dan FM, radio siar yang dimiliki DAKOM masih tergolong FM.
Agar Mahasiswa mengetahui perbedaan dari radio AM dan Radio FM itu sendiri, baik dari segi fungsi maupun dari segi komponen-komponen radio siar yang digunakan dalam radio AM dan FM tersebut. Maka diperlukan pengamatan secara langsung guna mendapatkan pemahaman yang lebih detail dari perbedaan  tersebut. Dalam hal ini untuk Radio dengan frekuensi AM yang dekat dari lokasi kampus STAIN Parepare terletak di Kab. Wajo yaitu Radio Suara AS’ ADIYAH sengkang.
Dengan pengamatan langsung tersebut, Mahasiswa diharapkan memiliki wawasan lebih dalam tentang Radio siar dan memiliki motivasi untuk lebih mengembangkan Radio Siar yang dimiliki oleh Kampus STAIN parepare untuk kepentingan akademik.
B.   Nama Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah Study Banding ke Radio As’ Adiyah Sengkang.
C.   Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah :
1.        Memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang fungsi radio sebagai media komunikasi.
2.        Memberikan pemahaman kepada Mahasiswa tentang perbedaan dari radio dengan Frekuensi AM dan FM baik dari segi fungsi maupun komponen yang digunakan.
D.   Sasaran
Mahasiswa prodi Dakwah dan Komunikasi, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam semester V (empat)
E.  Manfaat yang akan diperoleh
Dengan kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mampu membedakan radio FM dan AM itu sendiri baik dari segi komponen radio maupun dari segi fungsi radio sebagai media komunikasi untuk bekal menjadi calon penyiar yang islami.
F.   Waktu Pelaksanaan dan Tempat Kegiatan
1.        Waktu pelaksanaan : 1 (satu) hari, Pasca Final mata kuliah MEDIA KOMUNIKASI
2.        Tempat Kegiatan    : Radio Suara As’Adiyah sengkang
G.  Sumber Dana
Donatur Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi


H.  Rincian Biaya
Adapun rincian biaya kegiatan ini berdasarkan jumlah peserta yaitu Mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam berserta Dosen Pengampuh mata kuliah MEDIA KOMUNIKASI dengan mempertimbangkan Transportasi dan Komsumsi maka dana yang dibutuhkan sebesar Rp. 700.000,- (tujuh ratus ribu rupiah)
I.      PENUTUP DAN PENGESAHAN
Demikian proposal ini dibuat untuk dijadikan pedoman pelaksanan kegiatan. Hal – hal lain yang belum diatur dalam proposal ini akan dibuat kemudian.

Parepare , 14 April 2014

   Dosen Pengampuh                                                                  Ketua ROMBEL


          Baskar                                                                                  Dakom




Tidak ada komentar:

Posting Komentar